Hoax Kok Dijadikan Berita Utama?

Berita terkonyol hari ini adalah dari portal berita Inilah.com. Seperti banyak portal berita lainnya, pembicaraan di Twitter sering banget dijadikan bahan berita. Hanya saja, jurnalis yang pintar tentu tidak sekedar mencatat ulang apa yang terjadi di Twitter, tapi menelusurinya lebih jauh. Bukankah prinsip 5W1H seharusnya tetap harus dipatuhi sebagai bagian dari etika jurnalis? Ya mungkin kalau di media daring, karena tuntutan kecepatan, minimal 3 elemen dari 5W1H bisa terpenuhi. Sisanya menyusul.
Berita konyol yang dimaksud adalah artikel tentang komentar Tom Cruise dan Lady Gaga di Twitter. Mengapa konyol? Karena sumber beritanya sangat tidak valid. Si jurnalis hanya mengutip dari percakapan banyak orang di Twitter yang belum tentu benar. Jurnalis yang pintar (meski nggak perlu pintar-pintar banget lah ya), pasti akan mengecek akun twitter asli masing-masing selebriti itu, yakni @tomcruise dan @ladygaga. Memastikan sepasti-pastinya kalau dua selebriti itu memang berkata demikian.
Kalau unsur What-nya saja sudah salah, apakah pantas ia disebut sebagai seorang jurnalis? Entah ini yang bodoh si jurnalisnya ataukah editor Inilah.com yang lalai?

Share on :
Judul: Hoax Kok Dijadikan Berita Utama?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Anonim

by www.berabe.net
ads

Ditulis Oleh : Anonim Hari: Sabtu, Maret 26, 2011 Kategori:

 

Info Teknologi

Info Berbisnis Online

Info Harga Spesifikasi Gadget