Malaysia Akan Mengklaim Bahasa Indonesia?


Sudah banyak budaya Indonesia yang diklaim negara tetangga. Namun menurut Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kemendikbud Sulistyo Tirtokusumo, selanjutnya bisa saja bahasa Indonesia yang diklaim.

“Bahasa kita adaptasi dari bahasa Melayu, yang kuat akarnya di Riau,” tukas Sulistyo ketika ditemui wartawan di kantor Kemendikbud, Jakarta, baru-baru ini. “Namun, unsur Melayu Malaysia juga kuat, terutama karena nama negara mereka. Kata ‘malay’ dalam Malaysia itu kan artinya Melayu,” lanjutnya.

“Jadi bisa saja, suatu hari nanti Malaysia meminta kita mengembalikan bahasanya,” tukas Sulistyo.
Perihal klaim budaya oleh Negeri Jiran, beberapa hari lalu khasanah budaya Indonesia kembali ramai oleh pernyataan Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia. Mereka ingin memasukkan tari Tor-tor dan Gordang Sambilan ke dalam Bagian 67 Undang-Undang Warisan Nasional tahun 2005.

Sementara itu, Kemendikbud, Selasa, 19 Juni 2012, mengatakan akan mengambil tindakan terkait hal ini setelah mendapat klarifikasi dari Pemerintah Malaysia. Kemendikbud rencananya akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

Share on :
Judul: Malaysia Akan Mengklaim Bahasa Indonesia?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sdx_Online

by www.berabe.net
ads

Ditulis Oleh : Sdx_Online Hari: Rabu, Juni 20, 2012 Kategori:

 

Info Teknologi

Info Berbisnis Online

Info Harga Spesifikasi Gadget