Gerhana Matahari Annular Akan Terjadi 20 Mei Nanti

Pekan lalu penduduk bumi disuguhkan dengan pemandangan indah Supermoon dimana bulan tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari biasanya, yang dipengaruhi pendekatan perigee. Nah, fenomena alam menakjubkan lainnya akan bisa kembali disaksikan pada Minggu (20/5) nanti, dimana akan terjadi gerhana matahari.



22 Juli 2009: Sebuah gerhana total Matahari terlihat dari dalam koridor sempit yang melintasi setengah dari Bumi, diambil oleh satelit NASA (Foto: NASA)
Berdasarkan berita yang dilansir dari Fox, Sabtu (12/5), kejadian alam itu dikenal sebagai gerhana matahari annular, dimana bulan akan menghalangi matahari, namun cincin cahaya akan terlihat di sekeliling lingkaran.

Gerhana matahari anular ini bisa disaksikan secara jelas oleh penghuni bumi yang ada di wilayah seluruh Asia, Pasifik, dan bagian Amerika Utara.

Perputaran bulan mengelilingi bumi, akan melewati planet bumi dan matahari setiap 29,5 hari sekali. Sepanjang waktu itu, bulan terlihat mengecil di atas atau di bawah matahari, dan tidak terjadi gerhana.

Tapi, jika bulan dekat dengan satu node orbital, bulan akan tepat lewat di depan matahari dan menghalangi cahayanya. Jika bulan juga dekat dengan puncak, titik yang menandai jarak terjauh dari bumi tidak akan sepenuhnya menutupi matahari, dan gerhana matahari annular bisa disaksikan. Annular berasal dari bahasa Latin 'annulus' yang berarti cincin, dan mengacu pada fakta dimana cincin matahari akan tampak bersinar di seluruh lingkaran bulan.

Bulan akan melintasi setengah orbitnya dan tiba di puncak, pada 19 Mei 2012 mendatang, dan gerhana terjadi beberapa jam kemudian. Bulan terlihat terlalu kecil di langit untuk menutupi matahari secara total, sehingga terjadi gerhana annular, atau "cincin api".

Gerhana matahari annular kadang dianggap kurang menarik daripada gerhana matahari total, di mana bulan benar-benar meliputi matahari, karena kita tidak bisa melihat prominences matahari dan korona. Tapi, fenomena ala mini tetaplah peristiwa indah dan menakjubkan, dan layak untuk diamati.

Jalur ini dimulai saat fajar di Cina selatan. Kemudian menyapu melintasi Samudera Pasifik, melewati selatan Alaska, dan mendarat di pantai Pasifik dekat perbatasan California-Oregon. Gerhana annular berakhir di dekat Lubbock, Texas, saat matahari terbenam. Fase gerhana parsial ini akan terlihat di sebagian besar barat Amerika Utara.

Kontak pertama gerhana adalah ketika ujung bulan pertama menyentuh tepi matahari. Kontak kedua adalah ketika piringan bulan sama sekali di depan matahari dan bergerak ke dalam. Kontak ketiga adalah saat bulan menyentuh tepi matahari karena mulai masuk dalam lingkaran surya. Kontak keempat adalah saat bulan benar-benar menghalangi matahari.

Jangan melihat langsung ke matahari, baik dengan mata telanjang atau melalui teleskop atau teropong tanpa filter yang tepat. Bila Anda melakukan hal itu, bisa mengakibatkan kerusakan mata permanen dan serius, termasuk kebutaan. Untuk aman mengamati gerhana matahari annular, Anda dapat membeli filter surya khusus yang cocok.

sumber

Share on :
Judul: Gerhana Matahari Annular Akan Terjadi 20 Mei Nanti
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Sdx_Online

by www.berabe.net
ads

Ditulis Oleh : Sdx_Online Hari: Minggu, Mei 13, 2012 Kategori:

 

Info Teknologi

Info Berbisnis Online

Info Harga Spesifikasi Gadget