Wah, Ada Ikan yang Bisa Bikin Kelambu

Headline


msnbc.msn.com
Canberra – Peneliti Australia menemukan ikan membuat kelambunya sendiri. Kelambu ini dibuat agar ikan bisa tidur nyenyak di malam hari.Para ilmuwan University of Queensland mendapatkan hasil mencengangkan mengenai kepompong seperti lendir pada ikan. Menurut peneliti Dr Alexandra Grutter, banyak buku panduan ikan dan biologi menganggap kepompong itu melindungi ikan dari pemangsa nokturnal seperti belut.
Ternyata, studi menemukan kepompong itu melindungi ikan dari parasit, gnathiids ectoparasitic, yang menggigit seperti nyamuk. Grutter mengatakan, ketika ikan tidur di malam hari, kepompong lendir berperan seperti kelambu yang memungkinkan ikan tidur dengan aman tanpa terus-terusan digigit parasit.
”Dalam studi, kami meneliti ikan kakak tua yang memiliki dan tak memiliki kepompong selama semalam,” kata Grutter. “Ikan tanpa kepompong cenderung diserang gnathiids dibanding ikan dengan kepompong.”
”Ikan yang menghabiskan waktunya membuat kepompong sebelum tidur di malam hari akan terlindung dari parasit, seperti manusia memakai kelambu.” Penelitian ini dipublikasikan di Biology Letters.[ito]
 

Share on :
Judul: Wah, Ada Ikan yang Bisa Bikin Kelambu
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Anonim

by www.berabe.net
ads

Ditulis Oleh : Anonim Hari: Senin, November 22, 2010 Kategori:

 

Info Teknologi

Info Berbisnis Online

Info Harga Spesifikasi Gadget