Berabe.net - Di indonesia terdapat banyak mitos tentang hantu-2, masing-2 daerah mempunyai ciri khas tentang hantu di daerahnya, berikut 12 daftar hantu paling seram di Indonesia, hantu yang paling ditakuti oleh sebagian besar masyarakat indonesia.
12 Daftar Hantu Paling Seram Di Indonesia
1. Kuntilanak
Sosok kuntilanak di gambarkan dalam bentuk “wanita cantikâ€. Kuntilanak di gambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu di iringi harum bunga kamboja.Konon
laki-2 yang gak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanakberubah
wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.
Dalamcerita
seram dan film horor di televisi Malaysia, kuntilanak digambarkan
membunuh mangsa dengan cara menghisap darah di bagiantengkuk, seperti
vampir. Agak berbeda dengan gambaran menurut tradisiMelayu, kuntilanak
menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang dipunggung dan hanya
mengganggu dengan penampakan saja.
Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut “sundel bolongâ€. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayamâ€.
2. Sundel Bolong
Sundel bolong dalam mitos hantu Indonesia di gambarkan dengan wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Di gambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-2 tubuh bagian perut terlihat.
Dimitoskan hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Biasanya sundel bolong juga diceritakan suka mengambil bayi-bayi yang baru saja dilahirkan.
3. Tuyul
Tuyul [bahasaJawa:
thuyul] dalam mitologi Nusantara, terutama di Pulau Jawa, adalahmakhluk
halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul.Penggambaran
lainnya yang gak di sepakati semua orang adalah kulitberwarna
keperakan, bersifat sosial [dalam pengertian memilikimasyarakat dan
pemimpin], serta bersuara seperti anak ayam.
Tuyul dapat di pekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri [uang].Untuk
menangkal tuyul, orang memasang yuyu di sejumlah sudut rumahkarena
tuyul dipercaya menyukai yuyu sehingga ia lupa akan tugas yangdibebankan
pemiliknya.
Kejadian tuyul dipercaya berasal dari janin orang yang keguguran atau bayi yang mati ketika lahir.Karena
berasal dari bayi, karakter tuyul juga seperti anak-2 : gemarbermain
[seperti laporan orang melihat sejumlah tuyul bermain padatengah malam,
dsb.].
4. Pocong
Penggambaran pocongkkkk bervariasi. Dikatakan, pocongkkkk memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocongkkkkkkkkkk berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.
Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocongkkkk merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa di buka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.Meskipun
pocongkkkk dalam film sering digambarkan bergerakmelompat-lompat, mitos
tentang pocongkkkk malah menyatakan pocongkkkkbergerak melayang-layang.
Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-2pemeran pocongkkkk gak bisa
menggerakkan kakinya sehingga berjalannyaharus melompat-lompat.
Kepercayaanakan
adanya hantu pocongkkkkk hanya berkembang di Indonesia, terutamadi Jawa
dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisimuslim, umat
beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantuini.
5. Genderuwo
Genderuwo adalah sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan,tubuhnya
ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwoterutama
dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa [orang Sunda menyebutnya “gandaruwo†dan orang Jawa menyebutnya “gendruwoâ€].
Habitat hunian kegemarannya adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar teduh atau sudut-sudut yang lembab sepi dan gelap. Pusat domisili makhluk ini dipercaya berada di “Hutan Jati Donoloyoâ€,kecamatan
Sloghimo, sekitar 60 km di sebelah timur Wonogiri, dan diwilayah Lemah
Putih, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo sekitar 60 km kebarat
Yogyakarta.
6. Wewe Gombel
Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-2 yang ditelantarkan dan di abaikan oleh orang tuanya.
Wewe Gombelbiasanya
akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap danperlakuannya kepada
anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telahsadar, Wewe Gombel akan
mengembalikan anaknya.
Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari “seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminyaâ€.Peristiwa
itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh denganwanita
lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisamemberikan
anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dandibenci suaminya
lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel.
Disebut Wewe gombel karena kejadian in terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah jatingaleh ke arah banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada.
Beberapaorang
menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu.Menurut
cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yangterletak di
dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut.
7. Leak
Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak.
Disiang
hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hariia
berada di kuburan untuk mencari organ-o2 dalam tubuh manusia
yangdigunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu
dapatmengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup.
8. Rangda
Rangdaadalah
ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkanini
diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpinpasukan
nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik. Di ceritakan bahwa kemungkinan besar Rangda berasal dari “ratu Manendradatta†yang hidup di pulau Jawa pada abad yang ke-11. Ia diasingkan oleh “raja Dharmodayana†karena dituduh melakukan perbuatan sihir terhadap permaisuri kedua raja tersebut.
Menurutlegenda
ia membalas dendam dengan membunuh setengah kerajaan tersebut,yang
kemudian menjadi miliknya serta milik putra Dharmodayana, Erlangga. Kemudian ia digantikan oleh seseorang yang bijak. Nama Rangda berarti juga janda. Rangda sangatlah penting bagi mitologi Bali.
Pertempurannyamelawan
Barong atau melawan Erlangga sering ditampilkan dalamtari-tarian. Tari
ini sangatlah populer dan merupakan warisan pentingdalam tradisi Bali.
Rangda digambarkan sebagai seorang wanita dengan rambut panjang yang acak-acakan serta memiliki kuku panjang. Wajahnya menakutkan dan memiliki gigi yang tajam.
9. Kuyang
Kuyang merupakan siluman berwujud kepala manusia denganisi
tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapatterbang
untuk mencari darah bayi. Makhluk ini dikenal masyarakat diKalimantan.
Kuyang sebenarnya adalah manusia [wanita] yang menuntutajaran ilmu hitam
untuk mencapai kehidupan abadi.
Pada siang hari, seorang kuyangakan
menempuh hidup sehari-hari sebagaimana orang biasa, namun biasanyaia
mengenakan pakaian jubah. Pada malam hari kuyang akan terbang
untukmencari darah bayi atau darah persalinan untuk di hisap sebagai
saranamenambah kekuatan ilmunya.
Orang yang melihat kuyang terbang biasanya melihatnya seperti burung besar, Untuk menghadapinya korban perlu menggunakan sapu ijuk atau memukulkan perabot rumah tangga seperti panci atau wajan.
10. Palasik
Palasik menurut cerita, legenda atau kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi.
Palasiksangat
ditakuti oleh ibu-2 di di Minangkabau yang memiliki balita,karena
makanan palasik adalah anak bayi/balita, baik yang masih dalamkandungan
ataupun yang sudah mati [dikubur], tergantung dari jenispalasik
tersebut.
Ilmu palasik dipercayai sifatnya turun-temurun. Apabila orang tuanya adalah seorang palasik maka anaknya pun akan jadi palasik.
Padaumumnya
palasik bekerja dengan melepaskan kepalanya. Ada yang badannyaberjalan
mencari makan dan ada pula yang kepalanya melayang-2 mencarimakan.
11. Orang Bunian
Orang bunianadalah
sejenis makhluk halus yang dikenal di wilayah Minangkabau,Sumatera
Barat. Bentuknya menyerupai manusia, tinggal di tempat-tempatsepi, di
rumah-rumah kosong yang telah ditinggal penghuninya.
Istilah ini dikenal di wilayah Istilah orang bunian juga terkadang dikaitkan dengan istilah dewa di Minangkabau,pengertian
dewa dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian dewadalam agama-2
Hindu maupun Buddha. Dewa dalam istilah Minangkabauberarti sebangsa
makhluk halus yang tinggal di hutan atau di rimba, dipinggir bukit, di
dekat pekuburan.
Biasanyabila
hari menjelang maghrib di pinggir bukit akan tercium sebuah aromayang
biasa dikenal dengan nama masakan dewa atau samba dewa. aromanyamirip
bau kentang goreng. Hal ini boleh ditanyakan langsung kepada masyarakat Minangkabau.
Satu hal lagi, dewa lebih dikonotasikan bergender perempuan, yang cantik rupawan,bukan
laki-2 seperti persepsi yang umum di agama lain. Selain itu,masyarakat
juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikandewa; ada
juga istilah orang dipelihara dewa, yang semenjak bayi sudahdilarikan
oleh dewa. cerita ini masih masyhur sampai sekarang.
12. Jin
Jin (bahasa arab : ?? ) secara harfiah berarti sesuatu yang berkonotasi “tersembunyi†atau “tidak terlihatâ€. Dalam Islam dan mitologi Arab pra-Islam, jin adalah salah satu ras mahluk yang tidak terlihat dan diciptakan dari api.
Judul: Inilah Daftar Hantu Paling Seram di Indonesia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Anonim
by www.berabe.net
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Anonim
by www.berabe.net