Tinggal di pegunungan jauhkan obesitas


            tinggal-di-pegunungan-jauhkan-obesitas

Berabe.net - Orang yang tinggal di pegunungan atau dataran tinggi diketahui lebih mudah terhindar dari obesitas dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah, ungkap sebuah penelitian.

Hal ini ditemukan peneliti ketika mengamati 400.000 orang di Amerika Serikat. Orang yang tinggal di dataran rendah dan daerah pantai lebih rentan terkena obesitas empat hingga lima kali lipat dibandingkan dengan orang yang tinggal di dataran yang lebih tinggi.

"Aku terkejut dengan efek ketinggian pada tubuh manusia. Aku tak menyangka pola ini berkaitan," ungkap Dr Jameson Voss, peneliti dari Uniformed Service University of the Health Sciences di Bethesda, seperti dilansir oleh NBC News (12/02).

Alasan di balik perbedaan risiko obesitas antara wilayah tempat tinggal ini masih tak ditemukan. Satu-satunya penjelasan adalah karena ketinggian wilayah pada akhirnya mempengaruhi selera makan, hormon pertumbuhan, serta jumlah kalori yang dibahas setiap harinya.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Cynthia Beall menunjukkan bahwa semakin tinggi wilayah tempat tinggal seseorang, maka semakin banyak juga kalori yang dibakar.

Hasil perbandingan yang dilakukan peneliti adalah bahwa orang yang tinggal di dataran rendah memiliki BMI rata-rata 26,6 sementara yang tinggal di dataran tinggi memiliki BMI sekitar 24,2.

Meski begitu, Voss menekankan bahwa hasil penelitian ini bukan berarti orang yang tinggal di wilayah pegunungan atau dataran tinggi tak mungkin terkena obesitas. Kemungkinan itu tentu masih ada jika orang tersebut tak memperhatikan makanan yang dia konsumsi.

sumber: Serba Serbi Informasi Bercampur Di Sini

Share on :
Judul: Tinggal di pegunungan jauhkan obesitas
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Anonim

by www.berabe.net
ads

Ditulis Oleh : Anonim Hari: Senin, Februari 18, 2013 Kategori:

 

Info Teknologi

Info Berbisnis Online

Info Harga Spesifikasi Gadget